visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Friday, January 27, 2012

Sulitnya Ikhlas

(03/02)


Shahabatku ..

Ikhlas bukan perkara yg mudah. Tetapi tdk ada yg sulit apabila Allah SWT menolong kita utk dpt berlaku ikhlas dlm kehidupan di dunia ini.

Pernah ada kisah seorang ahli ibadah, yg menunjukkan bgmn sulitnya perkara ikhlas.

Ia, ahli ibadah tsb sudah sekian lama, setiap kali shalat selalu mendapatkan dirinya shalat di shaf yg pertama.

Pada suatu hari, ia ketinggalan dan berdirilah ia di shaf yg kedua. Lalu timbullah rasa malu dlm hatinya kpd orang2 disekelilingnya.

Kemudian dia beristighfar sebyk2nya, krn menyadari bahwa selama ini, ketenangan dan kecondongan hatinya berdiri di shaf yg pertama lebih disebabkan kpd pandangan dan perhatian manusia kpdnya.

Shahabatku ..

Itulah diantara sulitnya berlaku ikhlas. Oleh karena itu, hendaklah kita sering bermohon kpd Allah, agar amalan kita didunia ini dpt diterima oleh Allah SWT. Yg scr tdk lgsg, kita memohon agar dpt berlaku ikhlas dlm beramal. Krn tanpa keikhlasan, amal kita akan sia2.

Yaqub as berkata : "Orang yg ikhlas ialah orang yg menyembunyikan kebaikannya sbgmn ia menyembunyikan keburukan2nya"

Ayyub as berkata : "Mengikhlaskan niat bagi orang2 yg beramal jauh lbh berat drpd semua pekerjaan"

Fudhail bin Iyadh ra berkata : "meninggalkan amal krn manusia adlh Ria, sdngkan beramal krn manusia adlh Syirik. Dan Ikhlas adlh Allah menyelamatkanmu dr kedua penyakit tsb"

Ya Robb .. Lindungilah hamba-Mu dari berharap kpd selain dari-Mu atas segala amal yg hamba lakukan.. Aamiin

¤alifudin¤

No comments:

Post a Comment