visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Tuesday, January 24, 2012

Apakah itu ikhlas

(02/22)

Shahabatku ..

Bulan Shafar sebentar lg berlalu, Bulan kelahiran Nabi SAW, Robi'ul Awwal tak lama lg akan datang ..

Setelah kita sama2 memahami betapa pentingnya menjaga qolbu agar senatiasa bersih dan sehat .. Skrg kita melihat amalan qolbu, dimulai dr yg paling utama ..

Nah shahabatku .. Amalan qolbu apakah yg sangat penting dan utama .. Dialah yg disebut dg IKHLAS ..

Jadi ikhlas adlh amalan qolbu .. Bukannya amalan lahir .. Shg kita tdk bisa menilai secara tepat apakah seseorang itu ikhlas atau tdk dlm melakukan suatu amal ..

Hanya Allah yg tahu ..

Kecuali kita hanya bs mengenali ciri2nya dr perilaku lahir kita sbg bahan utk introspeksi diri .. Bukannya utk menilai atau memvonis diri ini maupun orang lain, apakah ikhlas atau tidak ..

Shahabatku ..

Jadi Apakah Ikhlas itu ? Ikhlas adalah membersihkan maksud dan motivasi beribadah atau bertaqarrub kpd Allah dr maksud yg lain, atau mengesakan dan mengkhususkan Allah SWT sbg tujuan dlm ketaatan kpd-Nya..

"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya(ikhlas) dalam (menjalankan) agama yang lurus,..." (QS. Al Bayyinah 5)

"Allah 'Azza wa Jalla tdk menerima suatu amal kecuali apabila dilaksanakan dg ikhlas demi mencari keridhoan-Nya semata" (HR. Abu Dawud dan Nasa'I)

Ya Robb .. Jadikanlah hati kami ini hanya bergantung kpd-Mu dan berharap kpd-Mu atas setiap langkah dlm kehidupan kami ini .. Aamiin

¤alifudin¤

No comments:

Post a Comment