visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Thursday, January 19, 2012

Sholawat, Menyehatkan Qolbu

(02/15)


¤ Shahabatku ..

Masih mengenai hal2 yg dpt menyehatkan qolbu kita. Satu lg amalan yg utama, yg dpt menyehatkan qolbu kita, yaitu :

BerSHOLAWAT atas Nabi SAW, sbgmn diperintahkan oleh Allah SWT :

Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi SAW. Wahai orang2 yg beriman, bershalawatlah kepadanya dan doakanlah keselamatan atasnya” (QS. Al Ahzab: 56)

¤ Shahabatku ..

Bersholawat sgt dianjurkan dlm situasi dan kondisi sbb :

1. Ketika Masuk Masjid
Sbgmn hadits dari Fathimah Ra "Biasanya, ketika Rasulullah SaW masuk ke dlm masjid beliau bershalawat kemudian mengucapkan: Rabbighfirli Dzunubi Waftahli Abwaaba Rahmatik (Ya Allah, ampunilah dosa2ku, dan bukalah untukku pintu2 Rahmat-Mu)” (HR. At Tirmidzi)

2. Ketika Keluar Masjid
Sbgmn kelanjutan hadits dari Fathimah Ra: "Dan ketika beliau keluar dari masjid, beliau bershalawat lalu mengucapkan: Rabbighfirli Dzunubi, Waftahlii Abwaaba Fadhlik (Ya Allah, ampunilah dosa2ku, dan bukalah untukku pintu2 keutamaan-Mu)” (HR. At Tirmidzi).

3. Ketika Tasyahud dlm Sholat
.. ‘Jika salah seorang diantara kalian berdoa mulailah dengan mengagungkanlah Allah, lalu memuji Allah, kemudian bershalawatlah, barulah setelah itu berdoa apa yang ia inginkan"

Pada ulama mengatakan bahwa tempat shalawat kepada Nabi di dalam shalat adalah setelah tasyahud awal dan akhir. Bahkan sebagian ulama menggolongkan shalawat setelah tasyahud akhir sebagai rukun shalat.

4. Ketika disebut nama Rasulullah Saw baik scr lisan maupun ketika membaca kitab.
Rasulullah Saw bersabda: “Orang pelit itu adalah orang yang ketika disebut namaku ia enggan bershalawat” (HR. At Tirmidzi)

5. Ketika selesai mendengar adzan
Rasulullah SaW bersabda: "Jika kalian mendengarkan muadzin mengumandangkan adzan, ucapkanlah apa yang ia ucapkan. Kemudian bershalawatlah kepadaku. Karena setiap seseorang bershalawat kepadaku, Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali” (HR. Muslim)

6. Dalam rangkaian dzikir pagi dan sore

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa bershalawat kepadaku ketika pagi dan ketika sore masing-masing 10 kali, ia akan mendapatkan syafa’atku kelak di hari kiamat"

7. Ketika hendak berdoa

Sebagaimana hadits pada poin 3.

8. Pada waktu-waktu bebas yang tidak ditentukan
Isilah waktu luang kita dg yg bermanfaat, salah satu caranya dgn byk berdzikir, dan diantara dzikir yg dianjurkan adalah bacaan shalawat kepada Nabi SaW.

9. Pada hari dan malam Jum’at
Rasulullah SAW bersabda:
Hari jumat adlh hari yg paling utama. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari itu. Karena sesungguhnya shalawat kalian itu sampai kepadaku”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mungkin shalawat kami sampai kepadamu, sementara kelak engkau dikebumikan?”. Beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta’ala telah mengharamkan bumi utk menghancurkan jasad para Nabi shallallahu ‘alaihim” (HR. Abu Daud)

Rasulullah SAW juga bersabda:
Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari dan malam Jumat. Karena orang yang bershalawat kepadaku satu kali, Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali” (HR. Al-Baihaqi, 3/249. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah, 1407)

* Shahabatku ..


Para shahabatpun (smoga Allah meridhoi mereka) bertanya kepada Nabi SAW, Bgmn caranya bershalawat : “Wahai Rasulullah, tata cara salam terhadapmu, kami sudah tahu. Namun bagaimana cara kami bershalawat kepadamu?

Rasulullah SAW bersabda: ‘Ucapkanlah: Allahumma Shalli ‘ala Muhammad Wa ‘ala Aali Muhammad, Kamaa Shallaita ‘ala Ibrahim Innaka Hamiidum Majid. Allahumma Baarik ‘ala Muhammad Wa ‘ala Aali Muhammad, Kamaa Baarakta ‘ala Ibraahim, Innaka Hamiidum Majid‘”. (HR. Bukhari 4797)

* Shahabatku ..

Itulah salah satu contoh redaksi shalawat yg diajarkan oleh nabi kita SAW. Atau bs juga yg paling singkat sbb : "Allahumma Shalli ‘ala Muhammad"

Oleh krn itu marilah kita biasakan utk bershalawat dgn khusyu' dan tawadhu' krn Allah Ta’ala juga memerintahkan kita berdzikir dengan rendah diri, penuh takut dan bersuara lirih:

Berdzikirlah kepada Rabb-mu dengan penuh kerendahan diri, rasa takut serta tanpa suara yang dikeraskan” (QS. Al A’raf: 205)

Sahabat Ibnu Mas’ud ra berkata:
“Ikutilah saja (sunnah Nabi) dan jangan berbuat bid’ah. Sesungguhnya sunnah Nabi telah mencukupi bagi kalian“

¤ Ya Robb .. Karuniakanlah kami keistiqomahan utk menjalankan sunnah2 nabi-Mu SAW dan kuatkanlah keshabaran kami utk senantiasa berada di jalan yg Engkau ridhoi .. Aamiin



¤alifudin¤

No comments:

Post a Comment