visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Friday, January 6, 2012

Obat Penawar Kegersangan Hati .

(01/25)

Shahabatku ..

Dzikrullah (Berdzikir kepada Allah Ta'ala) adlh obat penawar bagi kegersangan hati ..

Allah Ta'ala berfirman : "Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang."( Q.S.Al-Ahzab:41-42)

Dan juga Allah Ta'ala berfirman: "Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi
tentram dengan mengingat Allah (dzikrullah). Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram." (Q.S.Ar Ra'd:28)

Begitu pula Rasulullah SAW bersabda: 'Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dengan yang tidak berdzikir itu seperti orang yang hidup dengan orang yang mati.' (HR.Bukhari dan Muslim)

Beliau SAW bersabda pula: Pastikan lisanmu selalu basah dengan dzikrullah. (Hadis sahih, diriwayatkan At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Shahabatku ..

Bentuk Dzikrullah bermacam2 :

- Sholat, adalah bentuk dzikrullah yg paling mendasar .. Seseorang tdk akan bisa mendptkan dzikir yg benar ketika sholatnya tdk benar .. Oleh krnnya wajib bagi kita utk senantiasa memperbaiki mutu sholat kita ..

- Menyebut Asma Allah dan sifat2nya : mis, mengawali aktifitas yg baik dg basmalah dan mengakhirinya dg hamdalah. Mengucapkan tasbih, tahmid, tahlil dan takbir. Serta menyebut2 asma Allah dlm setiap kesempatan.

- Ketika menyebut asma Allah dan sifat2-Nya, hendaklah kita mengingat-Nya dan berusaha memahami makna-Nya serta berusaha mengaplikasikan dlm kehidupan kita.

- Mensyukuri segala nikmat Allah yg tdk dpt dihitung dan senantiasa kita rasakan sepanjang tarikan nafas dlm kehidupan kita

Ya Robb .. Basahilah lisan kami dgn dzikir kpd-Mu dan mudahkanlah kami dlm ketaatan kpd Mu .. Aamiin

(Bersambung-insya Allah)

¤alifudin¤

No comments:

Post a Comment