visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Friday, January 6, 2012

Jangan Makan Berlebihan .

(01/20)

Shahabatku ..

Sedikit makan akan melembutkan hati dan menguatkan daya pikir, mengekang hawa nafsu, dan melemahkan syahwat dan nafsu amarah. Sdgkan banyak makan akan berakibat sebaliknya.

"Tidaklah seseorang mengisi wadah yg lebih buruk ketimbang perutnya. Cukuplah bagi manusia bbrp suapan saja utk menegakkan tulang punggungnya. Jika tdk mungkin demikian, maka hendaklah sepertiga dari perutnya diisi dg makanan, sepertiga lagi dgn minuman, dan sepertiganya lg utk pernafasan (udara)" (HR. Tirmidzi)

Shahabatku ..

Makan berlebihan akan mengundang aneka macam akibat buruk, paling tdk ia akan menyebabkan malas dan susah utk beribadah.

Siapa saja yg memelihara perutnya dg sebaik2nya, berarti ia telah memelihara agamanya.

Siapa saja yg mampu mengendalikan rasa lapar, ia akan memiliki akhlaq yg mulia dan tinggi

Oleh krn itu :

1. Pastikan kita dan anak keturunan kita tdk memakan makanan dan minuman yg syubhat (meragukan) apalagi yg haram.

2. Tidaklah berlebih-lebihan dlm makan dan minum.

3. Lakukanlah shaum sunnah secara bertahap dan istiqomah krn mengharap ridho Allah semata.

Ya Robb .. Lindungilah kami dari segala makanan dan minuman yg Engkau haramkan bagi kami .. Dan jadikanlah kami ridho atas segala ketetapan-Mu .. Aamiin

¤alifudin¤

No comments:

Post a Comment