visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Friday, January 6, 2012

Hati yg Sehat

(01/11)

Shahabatku ..

Seperti kita ketahui bersama bahwa manusia terdiri dari 3 unsur utama : Ruhani (Qolbu), Akal dan Jasad.

Dan Qolbu sbg pemimpin dari keseluruhan anggota tubuh manusia ini.

Kualitas qolbu yg dimiliki oleh manusia pun berbeda2. Ada yg memiliki Hati yg Sehat (Qolbun Salim), Hati yg sakit (Qolbun Maridh), dan Hati yg mati (Qolbun Mayyit)

Shahabatku ..

Bagaimanakah manusia yg memiliki hati yg sehat (selamat) ?

Manusia yg memiliki hati yg sehat akan selamat ketika menghadap Allah di yaumil qiyamah.

"Pada hari dimana harta dan anak2 tdk bermanfaat, kecuali yg datang kpd Allah dgn hati yg selamat" (Asysyu'ara 88-89)

Shahabatku ..

Dgn hati yg sehat .. manusia dpt mengendalikan nafsu yg menyalahi perintah Allah, selamat dari keragu-raguan dan kesalahpahaman yg bertentangan dg kebenaran, shg ia selamat dari penghambaan kpd selain Allah (akan memiliki ketenangan jiwa atau nafsu muthma'inah)

Manusia yg hatinya sehat akan dimudahkan utk mengikuti tuntunan sunnah rosulullah saw dgn penuh cinta, tunduk, tawakkal dan penuh harap kpd Allah.

Shahabatku..

Dgn hati yg sehat .. Manusia akan mencintai dan membenci sesuatu krn Allah. Memberi dan menolak krn Allah .. Shg dia tidak akan berhakimkan kpd segala sesuatu yg bertentangan dgn ajaran Allah dan apa2 yg dicontohkan oleh Rosulullah SAW.

Yang pada akhirnya dgn hati yg sehat, manusia akan merasakan kedamaian dan ketentraman ketika hidup di dunia.

".. maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: 'Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu'."(QS. Al Fushilat 30)

Ya Robbana .. Karuniakanlah kpd kami hati yg selamat .. Aamiin

¤alifudin¤

No comments:

Post a Comment