visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Saturday, January 7, 2012

Do'a adlh Ibadah

(02/09)

Shahabatku ..

Setelah kita mengetahui bahwa dzikrullah, tilawah quran dan istighfar sbg amalan utk membersihkan dan menyehatkan qolbu kita. Maka amalan selanjutnya yg dpt menyehatkan qolbu kita adalah DO'A

Ya betul .. Berdo'a baik scr lisan maupun di dlm qolbu kita, baik di waktu luang maupun di saat2 sibuk kita, baik di dlm ruku dan sujud kita maupun ketika kita bersimbah keringat di dlm usaha kita menjemput nafkah yg halal utk orang2 yg kita kasihi ..

Shahabatku ..

Sebagai manusia yg tdk berdaya upaya kecuali krn kekuatan dari Allah .. Amat wajar kalau kita selalu memohon kpd Allah atas segala keinginan kita .. Begitu pula atas keinginan kita .. Agar qolbu kita menjadi hidup dan sehat .. Krn qolbu kita berada di tangan Allah yg Maha Membolak balikan hati .. Shg amat mudah bagi Allah apabila Dia ingin membersihkan atau menyehatkan qolbu hamba2Nya ..

"Dan Tuhanmu berfirman: 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina'.(QS. Al Mu'min 60)

Shahabatku ..

Berdo'a adlh mrpkn salah satu bentuk ibadah kpd Allah. Dan apabila kita tdk berdoa kpd Allah, maka akan digolongkan sbg orang2 yg takabur (sombong). Dan takabur adlh merupakan induknya penyakit qolbu ..

Jadi ketika kita membiasakan diri berdoa dgn hanya mengharapkan ridho Allah, maka sesungguhnya kita sdg membersihkan diri dari sifat takabur ..

Shahabatku ..

Istighfar juga merupakan bagian dari do'a .. Dan di dlm rangkaian ibadah2 yg lainnya juga banyak terdpt do'a di dlmnya .. Shg Do'a tdk dpt dilepaskan dlm seluruh rangkaian ibadah kita .. Jadi pantaslah klo Nabi SAW bersabda Ad Du'aa u huwal 'ibaadah (Doa itu adlh ibadah) ..

Krn dlm 24 jam sehari kita diwajibkan beribadah kpd-Nya .. Maka nyatalah bentuk penghambaan diri seorang hamba kpd kholiqnya dlm rangkain ibadah tsb ..

Ya Robb .. Karuniakanlah kpd kami kelezatan utk berdoa kpd-Mu .. Aamiin

¤alifudin¤

No comments:

Post a Comment