visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Friday, January 27, 2012

Ciri-ciri Orang yg Ikhlas

(03/03)


Shahabatku ..

Sehebat apapun suatu amal .. bila tidak diiringi dgn keikhlasan, tidak akan memiliki arti apa-apa dihadapan Allah SWT, sedang amal yang sederhana saja .. akan menjadi luar biasa dihadapan Allah SWT bila disertai dengan keikhlasan.

Oleh krn itu, penting sekali kita mengetahui ciri2 orang yg beramal dgn ikhlas sbg bahan introspeksi diri.
Ingatlah, ini bukanlah utk mengoreksi orang lain ..

Ciri-ciri orang yang memiliki keikhlasan diantaranya :

1. Hidupnya jarang sekali merasa kecewa.

Orang yg ikhlas, tdk akan pernah berubah sikapnya, jika disaat dia berbuat sesuatu kebaikan ada yg memujinya, atau tidak ada yg memuji/menilainya bahkan dicacipun hatinya tetap tenang, karena ia yakin bahwa amalnya bukanlah utk mendapatkan penilaian sesama yg selalu berubah tetapi dia bulatkan seutuhnya hanya ingin mendapatkan penilaian yg sempurna dari Allah SWT.

2.Tidak tergantung / berharap pada makhluk.

Sayyidina ’Ali ra pun pernah berkata, orang yg ikhlas itu jangankan untuk mendapatkan pujian, diberikan ucapan terima kasih pun dia sama sekali tdk akan pernah mengharapkannya, karena setiap kita beramal hakikatnya kita itu sedang berinteraksi dgn Allah, oleh karenanya harapan yg ada akan senantiasa tertuju kepada keridhaan Allah semata.

3.Tidak pernah membedakan antara amal besar dan amal kecil.

Diriwayatkan bahwa Imam Ghazali pernah bermimpi, dan dlm mimpinya beliau mendapatkan kabar bahwa amalan yg besar yg pernah beliau lakukan diantaranya adalah disaat beliau melihat ada seekor lalat yg masuk kedlm tempat tintanya, lalu beliau angkat lalat tsb dgn hati2 lalu dibersihkannya dan sampai akhirnya lalat itupun bisa kembali terbang dgn sehat. Maka sekecil apapun sebuah amal apabila kita kerjakan dgn sempurna dan benar-benar tiada harapan yg muncul pada selain Allah, maka akan menjadi amal yg sgt besar dihadapan Allah SWT.

4. Banyak Amal Kebaikan Yg diRahasiakan (walaupun dilakukan terang2an pun, diperbolehkan)

Shahabatku ..

Ketika kita mengaji dilingkungan org byk maka kita akan mengaji dgn enaknya, lama dan penuh khidmat, ketika kita shalat berjamaah apalagi sbg imam kita akan berusaha khusyu dan lama, tapi apakah hal tersebut akan kita lakukan dgn kadar yg sama disaat kita beramal sendirian ?

Apabila amal kita tetap sama bahkan cenderung lebih baik, lebih lama, lebih enak dan lebih khusyuk maka itu bisa diharapkan sebagai amalan yg ikhlas. Namun bila yg terjadi sebaliknya, ada kemungkinan amal kita belumlah ikhlas.

Nah shahabat .. sdhkah kita memiliki suatu amalan yg hanya Allah dan diri kita saja yg tahu ? Klo blm lakukanlah ..

5. Tidak membedakan antara bendera, golongan, ras, atau organisasi.

Shahabatku ..

Fitrah manusia adalah ingin mendapatkan pengakuan dan penilaian dari keberadaannya dan segala aktivitasnya, namun pengakuan dan penilaian makhluk, baik perorangan, organisasi atau instansi tempat kerja itu relatif dan akan senantiasa berubah, tergantung byk faktor, diantaranya adlh faktor kepentingan. Maka tiada penilaian dan pengakuan yg paling baik dan yg harus senantiasa kita usahakan adlh penilaian dan pengakuan dari Allah SWT.

Begitu besar pengaruh orang yang ikhlas itu, sehingga dengan kekuatan niat ikhlasnya mampu menembus ruang dan waktu.

Bahkan orang yang ikhlas bisa membuat iblis (syaitan) tidak bisa banyak berbuat dalam usahanya untuk menggoda orang ikhlas tersebut.

Ingatlah, apapun masalah kita, maksimalkan ikhtiar dan akal pikiran kita, tetapi hati hanya tertambat pada Allah SWt yang Maha Mengetahui akan masalah yang kita hadapi tersebut.

Inilah di antara ciri2 orang yg beramal dg ikhlas ..

* Ya Robb .. Tuntunlah kami utk dpt beramal dgn ikhlas .. hanya berharapkan ridho dari-Mu .. Aamiin

¤alifudin¤

No comments:

Post a Comment