visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Sunday, March 18, 2012

TAWAKKAL

(04/16)

Shahabat ..

Kali ini kita akan membahas suatu hal yg amat penting. Yg mana hal ini akan membuat kerusakan ketika kita salah memahaminya.

Apakah itu ? Ia adalah TAWAkkAL.

Tawakkal adalah benar dan lurusnya hati dlm pasrah dan bertegang teguh pada Allah Azza wa Jalla dlm mencari kemaslahatan dan kebaikan, menolak kemudharatan yg menyangkut urusan dunia maupun akhirat.

" ... Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. Ath Thalaq 2-3)

Jadi barang siapa yg melaksanakan taqwa dan tawakkal, akan mendapatkan kebaikan baik didunia maupun di akhirat.

"Seandainya kalian bertawakkal kpd Allah dg sebenar2nya, niscaya Allah akan memberi rezki kpd kalian sbgmn burung2 diberi rezqi. Mereka terbang dlm keadaan lapar dan pulang dlm keadaan kenyang." (HR. Tirmidzi)

Hadits ini merupakan pangkal tawakkal dan ingatlah bahwa Tawakkal adlh lebih merupakan amalan qolbu. Krn jasad tubuh kita, tetap diwajibkan utk berikhtiar di jalan-Nya.

Jadi melaksanakan tawakkal atau qolbu meyakini dgn apa yg telah ditakdirkan oleh Allah. Tidaklah berarti meninggalkan ikhtiar atau mengabaikan sebab2 yg telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Krn sunnah-Nya tetap berlaku dan setiap hamba diperintahkan utk berikhtiar sbg bukti ketaatan seorang hamba kpd pencipta-Nya.

Dan Krn Allah akan menilai setiap proses ikhtiar seorang hamba walaupun sekecil apapun. Dan penilaian atas proses ikhtiar ini akan menentukan keberkahan atas hasil ikhtiar seorang hamba.

Imam Sahl ra berkata : "Barang siapa yg menentang ikhtiar berarti menentang Sunnah, dan barang siapa yg mencela tawakkal, berarti mencela iman"

Ya Robb .. Mudahkanlah urusan kami ..

¤alifudin¤

No comments:

Post a Comment