visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Sunday, March 18, 2012

MUHASABAH, PENYEBAB CINTA

(03/19)

Shahabatku ..

Malik bin Dinar pernah berkata :

" Allah merahmati hamba yg berkata kpd jiwanya : " Bukankah engkau menyukai ini ... ? Menyukai itu ... ? Lalu ia mencaci dan mengikat jiwanya tsb dan memaksakan kpd nya kitab Allah. Maka jadilah dia (kitab Allah) sbg penuntun bagi jiwanya. "

Rosulullah SAW bersabda " Tidak beriman seorang diantara kalian shg hawa nafsunya mengikuti ajaran2 yg aku bawa "

Oleh krn itu shahabatku, semustinyalah bagi seseorang yg mengaku dirinya beriman kpd Allah dan hari Akhir, utk tdk lupa dlm menghisab (mengintrospeksi) diri, senantiasa mengekang gejolak hawa nafsunya shg setiap alunan nafas dlm kehidupan dunia nya merupakan mutiara yg bernilai yg bisa dibelikan khazanah kenikmatan dan kesenangan abadi.

Dan sebaliknya, menyianyiakan setiap alunan nafas dgn menjadikannya sbg alat utk membeli kenikmatan sementara adlh merupakan kerugian besar. Dan ini tak mungkin dilakukan kecuali oleh manusia yg paling dungu dan pandir. Dan kerugian tsb akan nampak pd hari kiamat :

"Pada hari ketika tiap-tiap diri mendapati segala kebajikan dihadapkan (dimukanya), begitu (juga) kejahatan yang telah dikerjakannya; ia ingin kalau kiranya antara ia dengan hari itu ada masa yang jauh; dan Allah memperingatkan kamu terhadap siksa-Nya. Dan Allah sangat Penyayang kepada hamba-hamba-Nya." (QS. Ali Imron 30)

Ya Robb .. Karuniakanlah petunjuk dan kekuatan kpd kami utk senantiasa mengintropeksi diri agar kami dpt senantiasa memperbaiki kualitas ibadah kami kpd-Mu .. Aamiin

¤alifudin¤

No comments:

Post a Comment