visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Sunday, March 18, 2012

SABAR SETIAP SAAT

(04/01)

Shahabatku ..

Sabar adlh sesuatu yg tdk dpt dipisahkan dari hidup seorang manusia. Kita memerlukannya utk mengendalikan nafsu ini agar dpt tunduk kpd ajaran2 nabi SAW.

Ketika senang kita perlu sabar

Ketika sedih juga perlu sabar

Ketika banyak uang kita perlu sabar

Ketika kesulitan uang kita juga perlu sabar

Ketika sehat kita perlu sabar

Ketika sakit juga perlu sabar

Singkat kata dlm kehidupan seorang mukmin, sabar hrs senantiasa melekat dimana saja dan kapan saja.

Shahabatku ..

Sabar adlh kekhasan manusia, sesuatu yg tidak terdapat di dlm binatang sbg faktor kekurangannya, dan di dlm malaikat sebagai faktor kesempurnaannya.

Binatang telah dikuasai penuh oleh syahwat. Krn itu, satu-satunya pembangkit gerak dan diamnya hanyalah syahwat. Juga tidak memiliki “kekuatan” untuk melawan syahwat dan menolak tuntutannya, sehingga kekuatan menolak tersebut bisa disebut sabar.

Sebaliknya, malaikat dibersihkan dari syahwat shg selalu cenderung kpd kesucian ilahi dan mendekat kepada-Nya. Krn itu tidak memerlukan “kekuatan” yg berfungsi melawan setiap kecenderungan kepada arah yang tidak sesuai dengan kesucian tersebut.

Tetapi manusia adlh makhluk yg dicipta dlm suatu proses perkembangan; merupakan makhluk yg berakal, mukallaf (dibebani) dan diberi cobaan, maka sabar adlh “kekuatan” yg diperlukan untuk melawan “kekuatan” yg lainnya. Sehingga terjadilah “pertempuran” antara yg baik dgn yg buruk. Yang baik dapat juga disebut dorongan keagamaan dan yg buruk disebut dorongan syahwat.

Ya Robb ..

Karuniakanlah kesabaran kpd kami dlm kehidupan ini dan kuatkanlah langkah2 hidup kami agar senantiasa dpt mengikuti tuntunan agama-Mu ..

Aamiin

¤alifudin¤

No comments:

Post a Comment