visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Monday, August 22, 2011

Renungan Hari Kemerdekaan


Wahai Shahabatku .. Sesungguhnya surat al fatehah yg sering kita baca berulang-ulang adalah deklarasi kemerdekaan kita sbg manusia sejati.

Segala Puji Bagi Allah Tuhan ( Pencipta dan Pemelihara ) seluruh alam .. Sebuah pernyataan kemerdekaan diri dari belenggu penjajahan hawa nafsu .. Tdk ada yg pantas utk dipuji kecuali Allah .. Klo saat ini kita dihormati, dihargai, disanjung2 .. Tiada lain krn kejelekan atau aib2 kita di tutupi oleh Allah SWT .. Dan segala kelebihan2 kita adalah karunia atau pemberian dr Allah SWT ..

Oleh krn itu, tdk pantas kita berharap pujian, penghargaan dan sanjungan dr manusia lain atas segala kelebihan dan keberhasilan yg telah kita lakukan ..

Ketika manusia berharap akan pujian, penghargaan dan sanjungan tersebut .. Sesungguhnya dia sedang diperbudak dan dijajah oleh hawa nafsunya sendiri .. Sehingga dia tdk akan pernah bebas dlm mengekspresikan dirinya sbg hamba Allah yg berkuasa atas segala sesuatu .. Atau dg kata lain .. Segala perbuatannya .. Sangat dipengaruhi oleh perilaku orang lain kpd dirinya .. Dia hanya bs berbuat baik ketika orang lain berbuat baik kpdnya .. Ketika orang lain tdk berbuat baik kpd dirinya .. Dia pun membalas dgn yg sama atau bahkan lebih buruk lg .. Na'udzubillah ..

Maha Suci Allah yg telah membebaskan manusia dr segala macam bentuk penjajahan di muka bumi ini .. Agar manusia hanya menyembah Allah sesuai dg fitrah kemanusiaannya ..

-------

Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang ..

Wahai Shahabatku .. Allah mengasihi seluruh makhluq ciptaanNya tanpa terkecuali .. Yg menerima tuntunanNya, yg menolak, yg menjalankan perintahNya dg kesungguhan bahkan yg jelas2 menentang dan melecehkan aturan2Nya pun tetap dikasihi oleh Allah .. Semuanya tanpa terkecuali dicukupi kebutuhan hidupnya selama hidup di dunia ..

Oleh karena itu.. Wajarlah bila kita berterimakasih kpd Nya dgn jalan menyembahNya dgn tulus dan ikhlas ..

Siapa saja yg dgn tulus menyembahNya .. Dgn penuh kesungguhan dan tanpa menyekutukannya .. Allah akan menyayanginya dgn memberikannya ketenangan dan kabahagiaan hidup yg sejati di dunia dan juga di akhirat nanti .. Dan barang siapa tidak menerima tuntunanNya bahkan mendustakanNya .. Allah tetap memenuhi kebutuhan mereka selama hidup di dunia .. Tetapi Allah tdk akan memberikan cinta dan sayangnya krn mereka sendiripun tdk berharap akan cinta dan sayang Allah dlm kehidupan mereka .. Padahal ketenangan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat .. Hanya bisa di dapat dgn cinta dan sayang dari Allah SWT ..

Shahabatku .. Hampir di awal setiap surat cinta dr Allah SWT, Allah SWT menegaskan bahwa Dia adalah Maha Pengasih lg Maha Penyayang .. Hal ini utk meyakinkan bahwa apabila kita menjadikan surat2 Allah dlm kitabNya yg suci dan mulia sbg tuntunan hidup kita .. Allah tdk akan menganiaya makhluq2Nya dan bahkan sebaliknya Allah SWT akan memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat kpd kita krn Allah tdk akan menyalahi janjiNya ..

سُبْحَانَ اللّهُ

----------

Yang Menguasai Hari Pembalasan ..

Wahai Shahabatku .. Allah adalah Penguasa dan Maha Raja dari segala raja di seluruh alam semesta ini .. Dia menguasai seluruh alam dunia dan juga seluruh alam setelah alam dunia ini berakhir ..

Utk menciptakan keteraturan dan keharmonisan seluruh alam ini Allah membuat aturan2 yg harus di ikuti oleh seluruh makhluq ciptaanNya ..

Shahabatku .. Seluruh makhluq di seluruh alam ini mutlak taat dan tunduk thd aturan dan kehendak dari Allah SWT, mereka tdk memiliki keinginan utk melanggar apa2 yg sudah menjadi ketetapan Allah SWT .. Kecuali manusia dan jin ..

Manusia diberikan kesempatan utk memilih apakah dia akan menerima (Syukur) atau menolak (Kufur) .. Walaupun sesungguhnya ini bukanlah pilihan .. Krn Allah memerintahkan kita utk menerima atau bersyukur atas segala apa yg telah ditetapkan olehNya.. Apabila kita bersyukur maka sesungguhnya kenikmatan hidup akan kita dapatkan .. Tetapi apabila kita kufur .. Maka kesengsaraan dan kehinaan di dunia dan akhirat akan kita dptkan .. Sehingga hal ini tdk lg menjadi sebuah pilihan .. Krn setiap manusia pada dasarnya ingin hidup bahagia baik di dunia maupun di akhirat ..

Wahai Shahabat .. Sebagai Penguasa di hari pembalasan .. Allah akan mewujudkan keadilanNya yg maha sempurna kelak di yaumil akhir nanti .. Krn sampai kapanpun .. Manusia tdk akan pernah mendapatkan keadilan yg sempurna di atas permukaan bumi ini .. Selalu saja ada kekurangan dan ketidak adilan .. Shg Allah akan menyempurnakan keadilanNya kelak di yaumil akhir .. Di hari pembalasan ..

Manusia yg merdeka hanyalah berusaha utk menerapkan keadilan sebatas kemampuan yg dimilikinya .. Dan pastilah manusia tdk akan bisa utk memberikan keadilan yg sempurna sbgmn keadilan Allah 'Azza wa Jalla ..

Maha Suci Allah dr segala kekurangan yg dimiliki oleh hamba2Nya

--------------

Hanya kepadaMu kami menyembah dan hanya kepadaMu kami memohon pertolongan

Sebagai makhluq lemah dan bodoh yg tiada terputus diberi kenikmatan oleh Allah Azza wa Jalla .. Sepantasnyalah apabila kita menyembahNya sbg bentuk rasa syukur atas nikmat yg tiada terhitung yg trus menerus kita dptkan hingga detik ini .. Laa ilaaha illallah .. Tidak ada yg pantas utk disembah kecuali Allah ..

Wahai Shahabat .. Pernyataan Laa ilaaha illallah adalah deklarasi kemerdekaan seorang manusia yg sejati .. Yg menyatakan tiada penjajahan atas dirinya dlm memfokuskan diri, akal dan qolbunya utk beribadah hanya utk Allah SWT .. Tidak ada Tuhan yg pantas utk disembah, dicintai, ditaati aturan2 hukumnya dan ditakuti kecuali hanya Allah SWT ..

Sebaliknya segala penyebab aktifitas kita seperti hawa nafsu, manusia yg kita cintai melebihi cintanya kpd Allah (kultus individu), pemimpin yg dzolim, aturan dan produk hukum yg menjauhkan manusia dari ingat kpd Allah .. adalah bentuk penjajahan lain selain penjajahan fisik seperti yg kita kenal selama ini .. yg banyak menjajah manusia pada zaman modern saat ini. Tuhan-tuhan selain Allah tsb, yg saat ini mendominasi sebagian besar aktifitas kehidupan manusia, shg manusia terjatuh ke dlm kehinaan dan kesengsaraan hidup baik di dunia ini dan kelak di akhirat nanti. Shg hakekatnya, walaupun fisik ini tdk terjajah, tapi jiwa dan pola pikirnya tidak pernah terbebaskan dr penjajahan non fisik yaitu dr penjajahan/penyembahan kpd Tuhan2 selain Allah SWT yg efek merusaknya jauh lebih dahsyat dan efektif dibandingkan penjajahan fisik. Krn manusia scr tdk sadar telah menyekutukan Allah dlm peribadatannya. Padahal menyekutukan Allah adalah suatu kedzoliman yg sangat besar.

Wahai Shahabat .. Setelah kita meluruskan tujuan penghambaan dlm kehidupan ini .. Begitu pula seharusnya .. Kita menggantungkan diri ini hanya kpd Allah SWT .. Krn selain Dia .. Tdk mampu utk memcukupi kebutuhan dirinya sendiri .. Selain Dia tdk memiliki kekuatan utk melindungi dirinya dr musibah .. Selain Dia tdk memiliki kekayaan utk memberinya kemanfaatan dlm kehidupan ini. Allahu Akbar .. Maha Besar Allah dgn segala keagungan dan kemuliaanNya ..
---------

Tunjukanlah kami jalan yg lurus .. (Yaitu) jalannya orang2 yg telah dianugerahi kenikmatan dan bukannya jalannya orang2 yg dimurkai dan jalannya orang2 yg sesat


Wahai Shahabat .. Dlm kehidupan dunia saat ini yg penuh dg fitnah .. Sesungguhnya kita tak akan mampu hidup tanpa petunjuk dan bimbingan-Nya ..

Ketika taat dlm agama dikatakan kolot, ketika kesungguhan dlm ibadah dibilang kaku, ketika menegakkan tuntunan agama secara utuh dikatakan fundamentalis atau teroris ..

Sungguh .. Hanya dgn kekuatan dr Allah sajalah seseorang akan dpt istiqomah berada di jalan Allah SWT.

Shahabatku .. Mintalah kpd Allah agar senantiasa di tunjukkan kpd jalannya orang-orang yg telah diberikan kenikmatan, yaitu jalan hidupnya para Nabi/Rosul, Shiddiqin, Syuhada dan orang - orang yg sholeh ..

Dan bukannya jalannya orang2 yg sesat (beribadah tanpa ilmu yg benar seperti halnya orang2 nasrani dan yg mensekutukan Allah lainnya) dan orang2 yg dimurkai (yg mendustakan kebenaran dan menantang Allah dan RosulNya seperti halnya orang2 yahudi dan kaum munafiq) oleh Allah Swt ..

Ya Robbana .. Bersihkanlah qolbu kami agar kami dpt merasakan betapa kasih sayangMu senantiasa meliputi kehidupan kami dan berikanlah petunjuk dan kekuatan kpd kami agar senantiasa dpt meningkatkan kualitas ibadah kami kpd Mu .. Aamiin YRA
(Selesai)

Wass, Alifudin



No comments:

Post a Comment