visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Monday, August 22, 2011

Indahnya Taqwa

Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. Dan Kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (QS. Al Anfaal 29)


Wahai Shahabat .. Mengapa Allah memerintahkan kita utk beribadah yg mana tujuan akhir dari ibadah adalah agar kita menjadi orang yg bertaqwa kpd Allah SWT .. (QS. Al Baqarah 21)

Begitu juga dgn tujuan akhir dari shaum ramadhan kita yg tinggal bbrp hari lg.. Yaitu agar kita menjadi orang yg berTaqwa kpd Allah SWT .. (QS. Al Baqarah 183)

Agar kita lebih termotivasi lagi, inilah bbrp keutamaan orang yg bertaqwa, sbg bahan muhasabah diri :

1. Allah menjadikan Furqon pada diri orang yg bertaqwa. Furqon adalah kemampuan membedakan yg hak dan yg bathil. Allah akan menjadikan orang yg bertaqwa gemar utk menuntut ilmu, memberikan kemudahan baginya di dlm memahami agama Allah SWT dan senantiasa memberikan baginya jalan keluar atas setiap permasalahan yg dihadapi. Dgn pertambahan ilmu yg bermanfaat nya setiap saat, maka dia akan senantiasa meningkatkan kualitas ibadahnya kpd Allah SWT.

2. Allah menutupi segala kesalahannya baik di dunia maupun di akhirat.

Orang bertaqwa senantiasa menyibukkan dirinya utk memperbaiki kualitas ibadahnya kpd Allah SWT shg tdk memiliki waktu utk membicarakan aib-aib saudaranya dan orang yg bertaqwa dimudahkan oleh Allah utk melihat aib dirinya shg tdk sempat utk melihat aib orang lain. Oleh karena itu, Allah akan menutupi aib2 orang yg bertaqwa ketika di dunia dan akhirat nanti. Dan memberikan selalu petunjuk dan kekuatan bagi orang yg bertaqwa utk memperbaiki kekurangan2 dirinya. Shg tidak ada waktu yg berlalu bagi orang yg bertaqwa kecuali semakin mendekatkan dirinya kpd Allah SWT.

Semakin dekat seseorang kpd Allah SWT, maka semakin mulia kedudukannya di sisi Allah SWT. Ketika Allah sdh memuliakan hambaNya, maka seluruh makhluq juga akan memuliakannya.

3. Allah akan mengampuni dosa2 orang yg bertaqwa.

Semakin bersih seseorang dari dosa, maka akan semakin bisa merasakan kelezatan iman kpd Allah SWT. Ketika seseorang merasakan kelezatan iman, maka akan semakin dimudahkan utk dpt beribadah kpd Allah SWT. Dgn kelezatan Iman juga, manusia akan mampu utk bersabar ketika menghadapi sesuatu yg tdk diharapkannya (musibah) atau bersyukur ketika dikarunia kenikmatan dari Allah SWT. Dan krn nikmat dari Allah senantiasa dpt dirasakan setiap saat oleh orang yg bertaqwa, maka dia akan semakin meningkatkan kualitas ibadahnya kpd Allah SWT, dgn senantiasa berdzikir kpd Allah setiap saat shg ketenangan dan kebahagiaan hidup akan selalu meliputi orang2 yg bertaqwa.

4. Allah akan mengaruniakan kpd orang yg bertaqwa SURGA yg keindahannya tak pernah terlintas dalam pikiran dan hati manusia, tak pernah tergambarkan dlm pandangan manusia, tak pernah terdengar oleh pendengaran manusia.

Ya Robb .. Berikanlah petunjuk dan kekuatan kpd kami utk menyantap setiap hidangan yg Engkau sajikan di sisa hari2 ramadhan thn ini .. Dan golongkanlah kami kedlm gol orang2 yg bertaqwa kpd Mu .. Aamiin

(Hari ke 21 Ramadhan di PCI)

Wass, Alifudin



No comments:

Post a Comment