visi

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS An Nahl [16]:97).



Friday, July 24, 2015

Sibuk dengan Allah



Oleh Ust. Ali Hasan Bawazer

Jika seorang hamba, di pagi dan sore harinya, tidak ada yang di pikirannya melainkan Allah, niscaya Allah akan menanggung seluruh hajat kebutuhannya, menanggung seluruh kegelisahannya, mengisi hatinya dengan cintaNya, lisannya dengan dzikir, dan anggota tubuh dengan taat.

Adapun jika di pagi dan sore harinya, dunia adalah yang menyibukkannya, maka Allah akan membebankan kepadanya seluruh kegelisahannya, kegundahannya dan segala kepayahannya. Allah bebankan seluruhnya kepadanya, Allah sibukkan hatinya hingga dia mencintai dunianya daripada mencintai Allah, lisannya dengan banyak menyebut-nyebut dunianya daripada berdzikir menyebut namaNya, dan anggota tubuhnya menjadi pelayan dunianya daripada taat dan tunduk kepadaNya. Maka dia bagaikan binatang buas yang berburu untuk melayani yang lain, bagaikan alat las yang mengikis isi perutnya dan memeras rusuk-rusuknya demi memberi manfaat bagi yang lain.

Maka semua yang berpaling dari beribadah, taat dan cinta kepada Allah, dia akan ditimpa musibah berupa beribadah, mencintai dan melayani makhluk. Allah berfirman:

وَمَنْ يَعْشُ عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمَٰنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ

Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. (Qs. Az Zukhruf: 36)

Sufyan bin Uyaynah berkata, "Tidaklah kalian membawa suatu perumpamaan yang sangat populer dari kalangan Arab, melainkan aku bisa bawakan yang seperti itu dari Alquran." Maka ada yg berkata kepadanya, "Mana di Alquran, 'Berikanlah bagi saudaramu kurma, jika dia enggan menerimanya, maka berikan baginya bara api!'. Maka Sufyan berkata, "Di dalam firmanNya:

وَمَنْ يَعْشُ عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمَٰنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ

"Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya." QS. Az Zukhruf: 36


No comments:

Post a Comment